Nunukan

BNNK Nunukan Laksanakan Tes Urine Kepada Nahkoda dan Kru Kapal di Pelabuhan Tunon Taka

Loading

TERASNKRI.COM | Guna mendukung pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024 (NATARU), BNN Kabupaten Nunukan melaksanakan Tes Urine Kepada Nahkoda dan Kru Kapal di lingkungan Pelabuhan Tunon Taka Nunukan pada Rabu tanggal 27 Desember 2023. Tes Urine dilaksanakan dengan kerjasama lintas sektor diantaranya Bea dan Cukai Nunukan, Polres Nunukan, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Nunukan, Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan Tunon Taka (KSKP) dan PT. Pelni.

Baca Juga  Cegah Penyalahgunaan Narkoba, KSOP Gandeng BNNK Nunukan Tes Urine Buruh TKBM

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 12.00 WITA ini diawali dengan apel gabungan dan menyasar Nahkoda beserta Kru dari enam kapal. Kapal dengan rute internasional antara lain MV. Labuan Express Lima, KM. Malindo, KM. Nunukan Express dan KM. Kaltara Express. Sedangkan Kapal dengan rute domestik antara lain KM. Thalia dan KM. Lambelu.

Hingga Pukul 20.00 WITA total didapatkan 141 sampel urine, seluruh sampel dilakukan uji menggunakan rapid test narkoba enam parameter. Dari hasil pengujian, 141 sampel dinyatakan negatif Narkoba. Dapat diambil kesimpulan dari hasil tes urine tersebut tidak ditemukan adanya indikasi penyalahgunaan narkoba terhadap Nahkoda dan Kru Kapal.

Baca Juga  Laura : Agrobisnis Berhasil Jika Ada Sinergi Antara Usaha Menaikkan Produksi dan Memasarkannya

 

Kepala BNN Kabupaten Nunukan yang diwakili Kasubbag Umum Martha Irawan menyampaikan beberapa arahan saat apel gabungan.

“Terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan mensukseskan kegiatan tes urine hari ini, tetap kedepankan aspek humanis dalam pengambilan sampel serta mendahulukan kepentingan penumpang ” ujar Irawan.

Baca Juga  Wakil Bupati H. Hanafiah Buka Rakor Penyusunan Rencana Aksi Penanggulangan Kemiskinan Ekstrim Tahun 2024

“ Tujuan dari kegiatan tes urine hari ini adalah deteksi dini guna mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan Nahkoda dan Kru Kapal. Karena yang paling dikhawatirkan, selain menimbulkan dampak berbahaya bagi diri sendiri, penyalahgunaan narkoba juga berbahaya bagi keselamatan Penumpang “ pungkas Martha Irawan. (TN?BNNK Nnkn)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *