HukumKriminalNarkotika

Tim SFQR Lanal Nunukan Gagalkan Penyelundupan Sabu 3,3Kg

Loading

TERASNKRI.COM | NUNUKAN, KALTARA – Seorang pria berinisial AR asal Bulukumba diamankan Tim Second Fleet Quick Response (SFQR) LANAL Nunukan dan Pos AL Pancang pada Senin (25/12/2023) sore karena kedapatan mencoba menyelundupkan Narkoba Golongan 1 jenis Sabu masuk dalam wilayah Indonesia dari Tawau Sabah Malaysia.

“Sabu tersebut di sembunyikan dalam TV 43 Inci yang dikemas  dalam 3 paket kantong besar dan 5 kantong kecil” jelas Danlanal Nunukan Letkol Laut (P) Handoyo pada press release di Mako Lanal Nunukan, Selasa (26/12/2023).

AR diamankan setelah Tim Satgas Nataru LANAL Nunukan di wilayah Sebatik melaksanakan analisa terhadap berbagai informasi serta adanya Patroli Keamanan Laut (KAMLA) hingga pada tanggal 25 Desember 2023 petang hari, Satgas Nataru Lanal Nunukan melaksanakan pemeriksaan rutin terhadap perahu yang membawa muatan dan penumpang dari arah tawau malaysia bergerak memasuki perairan indonesia dan bergerak menuju dermaga tradisional di wilayah pesisir pantai Sebatik Utara.

Baca Juga  Keluarga Alfian Untu Harap Tompek dan Kawan-Kawan Dijatuhi Hukuman Setimpal

Dari hasil pemeriksaan terhadap perahu dan muatan, telah didapat beberapa kantong paket yang diduga kuat adalah Narkoba yang di sembunyikan dan dilekatkan di dalam televisi 43 inci merk dimana diketahaui penumpang perahu selaku pemilik televisi tersebut seorang pria berinisial AR

Baca Juga  Penghuni Rutan Polres Kebumen Tetap Jalani Sidang Lewat Video Call

“Kita sudah lakukan pengecekan menggunakan narkotest trunach. Hasilnya, tiga paket besar dan lima paket kecil berisi kristal bening tersebut mengandung methamphethamine, yang berarti narkoba,” kata dia.

Selanjutnya tim melaksanakan clerance area dan mengamankan terduga tersangka serta muatan yang terdiri dari 1 unit televisi beserta paket diduga Narkoba didalamnya, 1 buah Handphone, 1 buah dompet kosong warna coklat dan 1 buah tas warna hitam berisi pakaian untuk yang selanjutnya diamankan ke Pos AL Pancang LANAL Nunukan dalam untuk pendalaman” jelas Danlanal

Baca Juga  Tim Opsnal Polsek Lembah Melintang Tangkap Pelaku Penggelapan Sepeda Motor Kabur ke Kabupaten Mandailing

Ditambahkan oleh Danlanal Nunukan, LANAL Nunukan bersama stake holder lainnya diantaranya Satgas Kopaska, Satgas Marinir Ambalat XXIX, Bea Cukai Nunukan, BNN Kab Nunukan maupun Aparat Penegak Hukum lain di wilayah kerja Kab. Nunukan telah bersama-sama berkomitmen untuk menjaga keamanan wilayah dalam nuansa sinergitas yang luar biasa seperti yang telah terjalin selama ini.

“Terlebih di momen Natal dan pergantian tahun baru 2023/2024, pada  saat press release penindakan miras juga telah kami sampaikan adanya kerawanan peningkatan aktivitas ilegal di perbatasan RI-Malaysia” pungkas Danlanal. (TN-Lanal Nunukan)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *