Kalimantan UtaraPertanian

APKASINDO Kaltara Gelar Workshop UMKM Pondok Pesantren Perkebunan Kelapa Sawit di Perbatasan RI-Malaysia

Loading

TERASNKRI.COM | NUNUKAN, KALTARA – Guna menggerakkan roda ekonomi pondok pesantren beserta masyarakat di daerah sekitar perkebunan kelapa sawit, meningkatkan keterampilan pengembangan dan produk baik turunan maupun kerajinan limbah kelapa sawit serta serta mensukseskan Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR), Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Kalimantan Utara menggelar Workshop Pemberdayaan UMKM Pondok Pesantren di Perkebunan Kelapa Sawit yang  dilaksanakan sejak 24 hingga 26 November 2023 bertempat di Gedung Aztrada 88 Sei. Nyamuk Kec. Sebatik Timur Kab. Nunukan Prov. Kalimatan Utara.

Baca Juga  Gubernur Sampaikan Solusi Penanganan Perbatasan di Munas II Aspeksindo

Ketua APKASINDO Kalimantan Utara Suhendrik pada media ini, Minggu (26/11/2023) menyampaikan kegiatan Workshop ini mendaat dukungan sepenuhnya dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara.

“Kita mendapat dukungan sepenuhnya dari BPDP-KS dan Pemprov Kalimantan Utara untuk menggelar workshop di perbatasan Indonesia – Malaysia ini, guna peningkatan ekonomi UMKM Pondok Pesatren dan masyarakat petani Kelapa Sawit serta mensukseskan program Peremajaan Kelapa Sawit” jelas Suhendrik.

Kegiatan Workshop dibuka oleh Gubernur Kalimantan Utara yang diwakili Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kailmantan Utara Fredy Sampe.

Baca Juga  Gubernur Paparkan Posisi Strategis Kaltara Sebagai Pintu Masuk IKN

Dalam sambutanya, Gubernur Kaltara yang diwakili Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Fredy Sampe menyampaikan kegiatan workshop ini sangat bagus dapat meningkatkan kemandirian pondok pesantren dan petani sawit serta menambah pendapatan petani kelapa sawit apalagi ini di perbatasan negara.

“Pemprov Kaltara dalam hal ini Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kaltara berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga kestabilan harga TBS sawit agar petani sawit sejahtera, di kaltara sendiri ada sekitar 20 pabrik kelapa sawit, dengan kegiatan ini dapat meningkatkan SDM dan memicu UKMK bergerak di hilirisasi kelapa sawit” lanjutnya.

Baca Juga  Kapolda Kaltara : Demi Keutuhan NKRI, Apapun Kita Pertaruhkan

Hadir dalam kegiatan ini peserta dari Pondok Pesantren As’Adiyah, Pondok Pesantren Al Khairat,
Pondok Pesantren Mutiara Bangsa, Kelompok Tani dan Koperasi Sawit serta petani kelapa sawit se Kaltara, CEO rumah tamadun, Ast. Stafsus Wapres DR. Tri Candra Aprianto, Dinas Perindagkop Kaltara, Ketua bidang organisasi DPP APKASIDO, Anggota Komisi 2 DPRD Kaltara, PPKS Medan serta melalui Zoom Meeting diantaranya Direktur Tanaman Kelapa Sawit dan Aneka Palma dan BPDPKS. (TN001)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *