MinselNusantara

Kegiatan Posyandu Desa Teep Tingkatkan Kesehatan Balita dan Lansia

Loading

terasnkri.com | Minsel, Sulut – Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang menjadi milik masyarakat dan menyatu dalam kehidupan dan budaya masyarakat. Posyandu berfungsi sebagai wadah pemberdayaan masyarakat dalam alih informasi dan ketrampilan dari petugas kepada masyarakat dan antar sesama masyarakat serta mendekatkan pelayanan kesehatan dasar, terutama berkaitan dengan penurunan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB), dan Angka Kematian Balita (AKABA). Posyandu diselenggarakan untuk para Balita dan Lansia.

Di Desa Teep Kecamatan Amurang Barat kegiatan Posyandu Balita dan Lansia ini telah rutin dilaksanakan, Adapun pelaksanaan Posyandu Balita ini dilakukan setiap bulan yang dimulai pada pukul 08.00 -selesai. Dengan Jumlah Balita sekitar 100 anak Kegiatan yang dilakukan pada Posyandu ini diantaranya, penimbangan berat badan, pengukura tinggi badan, pengukuran lingkar kepala dan Imunisasi juga pemberian vaksin. Untuk imunisasi dan pemberian vaksin dilakukan sesuai jadwal yang diberikan oleh pihak Puskesmas. Posyandu Balita dan Lansia ini dibantu oleh beberapa Kader Posyandu, dalam kegiatan Posyandu setiap Balita diberikan PMT (makanan tambahan) yang dialokasikan dari anggaran dana desa.

Baca Juga  H.T. Manurung Bangga Kapolres AKBP Ikhwan Kerja Keras Tekan Covid 19 dan Bantu Masyarakat Dampak Sosial

Kegiatan rutin setiap bulan yang dilaksanakan pada Posyandu lansia ini diantaranya, penimbangan berat badan, pengukuran tekanan darah, pemberian obat dan konsultasi juga dilakukan pengukuran gula darah serta pemberian PMT (makanan tambahan) dan senam, yang juga dialokasikan dari anggaran desa.

Baca Juga  Kapolres Minsel hadiri Upacara Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 76

Dalam setiap kegiatan Posyandu, antusiasme warga sangatlah baik, karena hampir semua para Lansia dan Balita yang terdaftar itu hadir dalam Posyandu dalam setiap pertemuannya, meskipun itu hanya untuk melakukan penimbangan berat badan, pengukuran tekanan darah ataupun mendapatkan vitamin. Hal ini, telah menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat tentang kesehatan cukup baik. Karena pada era saat ini, masih banyak para warga, yang sudah tidak lagi memperdulikan kesehatan mereka.

Dengan adanya kegiatan posyandu ini, diharapkan masyarakat lebih mudah mendapatkan informasi dan pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi, balita dan lansia, memperoleh beberapa penyuluhan kesehatan dan merupakan tempat saling berbagi informasi dan tukar pikiran sesama warga tentang kesehatan yang mereka alami. Sehingga, ada baiknya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya mengikuti kegiatan Posyandu lebih ditingkatkan kembali.

Baca Juga  Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis,S.H, M.H Melalui KSJ Berangkatkan Bantuan Banjir Bandang di Palas

Hukum Tua desa Teep Terry Kumambong S.PdK, berterimahkasih kepada Kader dan petugas kesahatan dari Puskesmas Amurang Barat, yang sudah melaksanakan tugas dan tanggung jawab ini.

“Saya bersyukur karena masyarakat antusian dengan kegiatan Posyantu dengan kehadiran yang cukup banyak , baik dari Balita, Lansia juga ibu hamil, itu pertanda masyarakat semakin menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan” ujar Terry. (Cor’N)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *