NunukanPemkab Nunukan

Sasar Pembangunan Fisik dan Non Fisik, TMMD ke-117 TA 2023 Kodim 0911/Nunukan di Kec. Sebuku Resmi Dibuka

Loading

TERASNKRI.COM | NUNUKAN, KALTARA – Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah menjadi Inspektur Upacara pada Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-117 TA.2023.

TTMD Ke -117 mengusung tema, “Sinergi Lintas Sektoral Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat,” dilaksanakan di Lapangan Bola Desa Harapan Kec. Sebuku. Rabu (12/07/2023).

Kegiatan ini juga dihadiri Dandim 0911 Nunukan Letkol Inf. Albert Frantesca Hutagalung, Kabag Ops Polres Nunukan, Camat Sebuku, Camat Tulin Onsoi, DPUPR Prov. Kaltara, Bappeda Litbang Kab. Nunukan.

Peserta Upacara terdiri dari Personil Yonif 614 Raja Pandita, Personil Koramil Sebuku, Personil Koramil Sembakung, Personil Polsek Sebuku, serta siswa-siswi sekolah.

Dalam amanatnya, Wakil Bupati Nunukan menyampaikan bahwa TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Pemerintah Daerah dan segenap lapisan masyarakat sebagai salah satu langkah nyata guna mengatasi berbagai masalah yang dihadapi.

Baca Juga  Satgas TMMD Kodim 1506/Namlea Bantu Petani di Desa Waenetat Rapikan Pematang Sawah

“TMMD diharapkan dapat mempunyai daya ungkit yang signifikan pada masa pemulihan ekonomi saat ini. Melalui TMMD, kita harapkan sinergitas yang baik antara jajaran TNI dengan Pemerintah Daerah dan seluruh komponen masyarakat dalam membangun NKRI,” ujarnya.

Selain itu Wabup Hanafiah juga mengatakan bahwa TMMD di wilayah perbatasan sangat penting, ditambah lagi Desa Harapan Kec. Sebuku yang merupakan tempat dilaksanakannya kegiatan TMMD ini kekurangan infrastruktur yang sangat dibutuhkan.

“Dengan kehadiran TMMD ini dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat kita yang berada di Desa Harapan ini,”ungkapnya.

Baca Juga  Disela Waktu Istirahat, Anggota Satgas TMMD Komsos Dengan Warga Pemilik Gilingan Padi

Dandim 0911 Nunukan Lekol Inf Albert Frantesca Hutagalung menjelaskan bahwa kegiatan TMMD di wilayah perbatasan merupakan program antara Kementerian Dalam Negeri melalui Pemerintah Daerah dengan Mabes TNI yang dilaksanakan setiap tahun. Pada tahun 2023 kali dilaksanakan pada tanggal 12 Juli hingga 10 Agustus 2023.

“Kegiatan TMMD ini Top Down, dari masing-masing koramil yang berada di wilayah perbatasan mengajukan ke Kodim dan dilihat kembali mana yang lebih membutuhkan. Untuk kegiatan TMMD Ke-117 kali ini meliputi kegiatan fisik dan kegiatan non fisik,” jelasnya.

Lanjutnya lagi, Untuk kegiatan Fisik berupa Peningkatan badan jalan sepanjang 2,8 Km lebar 3,5 m dengan parit kanan dan kirim masing-masing 1 m. Pembangunan Fisik yang dipertanggung jawabkan berupa pembangunan jalan merupakan dana dari Pemerintah Daerah sebesar 1 Milyar.

Baca Juga  Cuci Tali Bentangan Rumput Laut, Danang Tewas Di Terkam Buaya Muara

Kemudian pembangunan fisik lainnya di luar dari dana Pemerintah Daerah diambil dari dana swadaya Kodim berupa Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Sebanyak 2 unit, Rehab gedung serba guna 1 unit, Pembangunan MCK untuk sekolah TK.

Kegiatan non fisik berupa penyuluhan kebangsaan, penyuluhan pertanian, pelayanan kesehatan, penyuluhan stunting, PTM, dan posbindu.

Pada pelaksanaan Upacara Pembukaan TMMD, Wabup Hanafiah melakukan penandatanganan dan penyerahan Nota Program kegiatan TMMD Ke-117 serta penyerahan alat-alat kerja secara simbolis.

Usai pelaksanaan Upacara, Wabup Hanafiah bersama Dandim 0911 Nunukan, Bersama tamu undangan lainnya mengunjungi lokasi sasaran kegiatan TMMD Ke-117 tahun 2023. (TN-Adv/Prokompim Nnkn)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *