Kalimantan UtaraPertanian

Tingkatkan Daya Saing Komoditas Pertanian, BPTP Kalimantan Timur Gelar Bimtek di Kalimantan Utara

Loading

Kepala BPTP Kaltim, Zainal Abidin, SE, MP (Baju Hijau) serahkan bantuan benih bagi petani

TERASNKRI.COM | NUNUKAN, KALTARA – Sebagai upaya mendukung pemerintah dalam meningkatkan daya saing komoditas pertanian di Kalimantan Utara, serta meningkatkan kapasitas petani dan penyuluh di sektor pertanian, baik tanaman pangan maupun hortikultura, Balai Pengembangan Teknologi Pertanian Kalimantan Timur mengadakan bimtek bagi petani dan penyuluh di Kabupaten Bulungan, Kota Tarakan, Pulau Sebatik dan Sei Ular, di Kalimantan Utara

Kepala BPTP Kalimantan Timur, Zainal Abidin, SP, MP sewaktu membuka kegiatan Bimtek di Pulau Sebatik, Rabu (16/11/2022) dalam mensosialisasikan bahwa BPTP Kaltim merupakan Unit Kerja hasil Transformasi Kelembagaan Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) dari Balitbangtan di dalam Kementerian Pertanian.

Baca Juga  Maklumat Kapolda Kalimantan Utara

“Berdasarkan UU.No.117 tahun 2022 tentang tupoksi BSIP yang merencanakan, merumuskan, menerapkan dan harmonisasi standar instrument pertanian di tingkat wilayah kerja nya, maka bertujuan untuk institusi ini nantinya akan mendukung terstandardisasinya instrument pertanian diantaranya produk unggulan ekspor. Dengan standar yang terpenuhi maka peluang pasar ekspor akan terbuka lebar” ujar Kepala BPTP Kaltim Zainal Abidin.

“Di sinilah peran BPTP Kaltim dalam mengawal penerapan standar-standar yang sudah ada, menambah, mengurangi, bahkan merevisi standar tersebut (amandemen) sesuai dengan kebutuhan masa kini, yang diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah produk dan menjadi peluang pengembangan ekonomi baru bagi produsen (petani) sekaligus juga standar yg ada akan melindungi konsumen secara umum” lanjutnya.

Baca Juga  Sekda Provinsi Kaltara Buka UKW : Mari Bersama Perangi Berita Hoax

“Sementara itu, sebagai salah satu unit kerja Kementerian Pertanian yang memiliki wilayah kerja di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kaltim memiliki fungsi dan peran untuk mendukung dan mensukseskan setiap program pembangunan pertanian, agar lebih berdaya saing, efisiensi dan menjamin keamanan konsumen, peningkatan produktifitas komoditas pertanian yang spesifik lokasi” pungkas Kepala BPTP Kaltim Wilker Kalimantan Timur dan Utara, Zainal Abidin, SE, MP.

Baca Juga  RSUD Tarakan Diproyeksi Pusat Rujukan di Utara Kalimantan

Dalam Bimtek yang digelar di Sei. Bajo Desa Tanjung Karang Kec. Sebatik Timur Kab. Nunukan Prov. Kalimantan Utara diikuti sekitar 250 peserta terdiri dari perwakilan petani dan penyuluh se – Pulau Sebatik. (TN/BPTP Kaltim)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *