Ketahanan PanganNASIONAL

Apel Siaga : Optimalisasi Fungsi Karantina Pertanian di Perbatasan

Loading

TERASNKRI.COM | NUNUKAN, KALTARA – Bertempat di areal patung proklamator Bung Karno PLBN Sebatik Kab. Nunukan, Prov. Kalimantan Utara digelar Apel Siaga Optimalisasi Fungsi Karantina Pertanian di Perbatasan yang dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Sabtu (12/11/2022)

Bertindak selaku Inspektur dalam kegiatan Apel Siaga di perbatasan RI – Malaysia ini, Dr. Jan Samuel Maringka, Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian RI.

Dalam arahannya dihadapan peserta Apel Siaga, Irjen Kementerian Pertanian RI Jan Samuel Maringka menyampaikan bahwa Apel Siaga ini menunjukkan satu tekad, satu kebersamaan dimana dunia sedang menghadapi krisis pangan.

Baca Juga  Gubernur Salurkan Bantuan Beras, Penerima Rasakan Dampaknya

“Sebagai garda terdepan, Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sebatik yang sebentar lagi akan beroperasi, kita telah menunjukkan bahwa TNI-Polri, Kejaksaan, Imigrasi, Perhubungan dan Bea Cukai dan stake holder lainnya menunjukkan satu tekad, satu semangat untuk bersama – sama menjaga perbatasan kita terbebas dari ancaman dan gangguan termasuk didalamnya gangguan terhadap ketahanan pangan kita” pesan Jan Samuel Maringka

Dilanjutkan oleh Irjen Kementan RI Jan Samuel Maringka, kebersamaan ini harus dimaknai bersama – sama, ditingkat pusat, Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung telah mengadakan kerjasama untuk mengamankan ketahanan pangan.

Baca Juga 

“Kita melihat, dunia sedang tidak baik – baik saja dan tentunya atas kebersamaan dan satu tekad ini, belum lama ini negara kita menunjukkan ketahanan pangannya dengan swasembada beras, kita berharap di masa depan kita akan swasembada pangan” imbuhnya.

“Di tahun 2045 mendatang kita harapkan Indonesia menjadi lumbung pangan dunia dan tentunya ini semua tidak lepas dari peran serta kita bersama – sama” lanjutnya.

Baca Juga  Kabaharkam Polri “Menyapa Indonesia” Dari Aceh Sampai Papua Lewat Halal Bil Halal Virtual

“Karantina pertanian, jajaran Kementan RI tidak dapat bekerja sendiri, apalagi dilakukan sendiri – sendiri, di sore hari ini kita menunjukkan tekad bersama untuk menjaga negeri ini” lanjutnya.

“Apel siaga ini jangan hanya menjadi simbolis, tetapi menjadi kesadaran bersama menjaga negeri ini dan menjaga ketahanan pangan, jaga pangan jaga masa depan” pesan Irjen Kementan RI Jan Samuel Maringka menutup arahannya didepan peserta Apel Siaga dan tamu undangan. (TN***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *