Nunukan

Lanal Nunukan Gelar Kegiatan HUT TNI AL Ke 77 di Mamolo

Loading

TERASNKRI.COM | NUNUKAN, KALTARA – Pangkalan TNI AL (Lanal) Nunukan melaksanakan rangkaian kegiatan HUT TNI AL ke-77 tahun 2022 Gerakan Nasional Laut Bersih TNI AL Tahun 2022 oleh Lanal Nunukan dengan tema “Membangun Kejayaan Maritim untuk pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat” Laut bersih, Rakyat Sejahtera bertempat di Kampung Mamolo RT 02 dan RT 10 RW 5 Kelurahan Tanjung Harapan, Kecamatan Nunukan Selatan, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara, Rabu (7/9/2022)

Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan pembersihan sampah dilakukan oleh Masyarakat Tanjung Harapan Mamolo dan TNI/Polri (Lanal Nunukan, Kodim 0911/NNK, Satgas Pamtas dan Polres Nunukan) serta perwakilan dari instansi BPBD, Satpol PP dan lainnya melaksanakan pembersihan sesuai sektor masing-masing yang telah dibagi oleh Panitia. Sampah yang terkumpul langsung dinaikan ke atas Truk-truk sampah dan Pickup yang sudah disiapkan untuk selanjutnya dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Mamolo. Truk untuk memuat sampah dari instansi samping 9 Unit dan dari warga 6 Unit.

 

Danlanal Nunukan Letkol Laut (P) Arief Kurniawan Hertanto, SH dalam sambutannya pada rangkaian kegiatan HUT TNI AL ke-77 tahun 2022 menyampaikan bahwa kegiatan Gerakan Nasional Laut Bersih TNI AL Tahun 2022 di pusatkat di Mamolo sebagai kampung binaan Lanal Nunukan.

Baca Juga  Irup Hari Lahir Pancasila, Wabup Ajak Semua Elemen Amalkan Nilai - Nilai yang Terkandung Dalam Sila - Sila Pancasila

“Sebagai sentra budidaya rumput laut, kami melihat situasi di daerah ini untuk masalah kebersihan laut masih sangat memprihatinkan, oleh karena itu kegiatan Laut Bersih kami laksanakan di Kampung Mamolo. Sangat disayangkan apabila kondisi lingkungan hidup Kampung Mamolo Kelurahan Tanjung Harapan tidak mencerminkan suatu daerah yang sukses atau suatu daerah yang makmur. Oleh karena itu melalui kegiatan Bersih Laut, kami mendorong Kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan membudayakan hidup bersih” jelas Danlanal Letkol Laut (P) Arief Kurniawan Hertanto, SH.

“Apabila kita bekerja tetapi terhambat dengan hal-hal seperti (kebersihan dan kesehatan) tentunya tidak akan bisa lancar dan maksimal. Terlebih kampung Mamolo sebagai penghasil rumput laut yang terbesar di Kabupaten Nunukan bahkan mungkin bisa dikatakan sebagai penghasil rumput laut terbesar di Indonesa” lanjutnya

“Fokus kegiatan ini intinya adalah dari TNI AL ingin membuat laut kita kembali bersih karena dengan adanya laut yang bersih bisa mendukung kesehatan masyarakat, yang bermuara untuk perekonomian, transportasi dan lain-lain” urai Danlanal.

Baca Juga  Dampingi Warganya Laksanakan Vaksinasi, Babinsa : Jangan Lengah Tetap Disiplin Protokol Kesehatan

Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid yang diwakili Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Suhadi, S.Hut., M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Nunukan mengapresiasi Pangkalan TNI AL (Lanal) Nunukan atas kegiatan bersih – bersih laut di Kampung Mamolo. Kegiatan ini bukan saja memberikan edukasi hidup sehat bagi masyarakat, namun juga merupakan wujud dari implementasi tuntunan kebersihan adalah sebagian dari iman

“Nunukan merupakan sentra terbesar rumput laut di Indonesia dan pusatnya ada di Kampung Mamolo, Kecamatan Nunukan Selatan. Sebagai sentra budidaya rumput laut, tentu tak lepas dari permasalahan terutama sampah bekas pelampung, sehingga kegiatan yang dilaksanakan oleh Lanal Nunukan ini wajib didukung oleh semua pihak” lanjut Suhadi.

“Pemkab Nunukan berharap agar kegiatan ini tak hanya sekedar simbolis, tapi masyarakat juga harus mampu menjadikanya sebagai contoh agar mentradisikan hidup bersih sehari – hari” pungkas Buapti Nunukan dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kadis Kelautan dan Perikanan Nunukan Suhadi, S.Hut, M.Si

Selanjutnya peninjauan lokasi kegiatan gerakan Laut Bersih oleh Danlanal Nunukan beserta seluruh FKPD dan instansi Vertikal dan dilanjutkan Vicon Danlanal Nunukan dan seluruh tamu undangan didampingi Ketua Cabang 7 Korcab XIII DJA II dan FKPD serta unsur Vertikal Kabupaten Nunukan dengan KASAL Laksamana TNI Yudo Margono, SE, MM.

Baca Juga  Yonif 8 Mar Harimau Putih Gelar Apel Khusus Pergantian Tahun Baru 2022

Turut hadir dalam kegiatan kegiatan HUT TNI AL ke-77 tahun 2022 Gerakan Nasional Laut Bersih TNI AL Tahun 2022; Kadis Kelautan dan Perikanan Nunukan Suhadi, S.Hut., M.Si; Ketua Jalasenastri Cabang 7 Korcab XIII DJA II Ny. Puca Kurniawan Hertanto beserta pengurus Jalasenastri Lanal Nununukan; Dandim 0911/NNK Letkol Inf Albert Frantesca Hutagalung, M.Han.; Wadansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 621/Manuntung Kapten Inf Sandy Heli; Kapolres Nunukan AKBP Ricky Hadiyanto, SH., S.I.K., M.H. (Kapolres Nunukan) beserta perwakilan Personil Polres Nunukan; Kejari Nunukan Teguh Ananto, SH (Kepala Kejaksaan Negeri Nunukan; Ka. Basarnas Nunukan Giegiek beserta anggota: perwakilan Satpol PP Kabupaten Nunukan; perwakilan dari Kelurahan Nunukan Selatan; Kamaruddin (Ketua Asosisasi Pedagang Rumput Laut Nunukan; Habir (Ketua Asosiasi Pembudidaya Rumput Laut Nunukan serta Warga Masyarakat Kampung Tanjung Harapan Mamolo. (TN/Pen Lanal Nnkn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *