NunukanOlah RagaPemkab Nunukan

78 Tim Ikuti Lomba Senam Yameto dan Lukiwol Peringati HAORNAS Ke-39

Loading

TERASNKRI.COM | NUNUKAN, KALTARA – Dalam rangka peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) yang ke-39 tahun 2022, Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata melaksanakan kegiatan kompetisi senam Yameto dan Lukiwol se-Kabupaten Nunukan. Acara diselenggarakan di Gedung Olahraga (GOR) Nunukan, Sabtu (27/08/2022).

Acara ini  dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Drs. Syafarudin yang mewakili Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, Forkopimda Nunukan, OPD dilingkungan Kabupaten Nunukan, Ketua KONI Nunukan serta perwakilan dari KORMI Nunukan.

Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum Drs. Syafarudin mengatakan, senam Yameto dan Lukiwol adalah karya dan kreativitas asli masyarakat Nunukan yang patut dibanggakan bersama.

Baca Juga  TNI bagikan 2.500 Paket Sembako di Sebatik, Perbatasan Indonesia Malaysia

Yameto dan Lukiwol merupakan perpaduan  antara gerakan-gerakan senam dengan tari-tarian khas suku Dayak dan Tidung. Kolaborasi itu menghasilkan sebuah gerakan senam yang indah, menyehatkan, menyenangkan, dan mudah untuk diikuti. Senam Yameto yang lebih dulu hadir saat ini sudah sangat familiar di masyarakat, khususnya di kalangan para pelajar.

“Kita berharap, senam Lukiwol nantinya juga bisa diterima dengan baik oleh masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah menyambut baik lomba senam Yameto dan Lukiwol kali ini. Semoga senam ini bisa makin diminati masyarakat, dan secara tidak langsung ikut meningkatkan animo masyarakat untuk berolah raga”, ucap Syafarudin.

Lebih lanjut Syafarudin mengatakan bahwa, kesehatan saat ini merupakan sesuatu yang sangat berharga. Pola makan yang kurang sehat, kebiasaan mager atau kurang beraktivitas fisik, terutama di kalangan anak-anak muda, ditambah dengan pola hidup yang tidak teratur akhirnya menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit.

Baca Juga  Aksi Peduli Aztrada 88 Bagikan 150 Paket Sembako

“Maka saya percaya hadirnya senam yameto dan Lukiwol ini bisa menjadi pilihan yang mudah untuk berolahraga ringan setiap hari. Mari mulai biasakan hidup sehat dengan berolahraga minimal 30 menit setiap hari”, tambahnya.

Sementara itu, Kabid Pemuda Olahraga Hj. Rina Dwi Julianti mengatakan kompetisi tersebut diikuti oleh 50 tim untuk senam Yameto dan 28 tim untuk senam Lukiwol. Lomba dibagi beberapa kategori yakni tingkat SD, SMP, SMA dan umum.

Baca Juga  Jabatan Eselon IV Akan Disetarakan ke Fungsional, Pemkab Nunukan Gelar Sosialisasi dan Pendampingan

“Diagendakan lomba ini akan digelar hingga tanggal 31 Agustus”, ujar Hj. Rina.

Dalam acara seremoni Pembukaan Lomba ini, audien diminta untuk hening cipta sejenak mengenang dan memberikan penghormatan kepada  alm. Usnawati Binti Usman Said. Usnawati adalah seorang penata gerak yang selama hidupnya turut membidani lahirnya senam Yameto dan Senam Lukiwol.

Bersama dengan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nunukan pada tahun 2019, Usnawati turut aktif memberikan talentanya sebagai penata gerak sehingga terlahirlah senam Yameto. Dan setahun kemudian, tepatnya pada tahun 2020 bersama Tim Pengembang Suku Tidung, Usnawati juga turut aktif berkreasi untuk menciptakan Senam Lukiwol. (TN/Porkopimda Nnkn)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *