Manggarai TimurNTTNusantara

MKKS Tingkat SMP se – Kota Komba Utara Gelar Aneka Lomba Meriahkan Hardiknas 2022

Loading

Terasnkri.com | Matim,NTT- Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) tahun 2022, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP se-kecamatan Kota Komba Utara, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar berbagai aneka lomba. Kegiatan akbar ini berpusat di Aula Paroki St Pius X Mukun,Jumat (13/05/2022)

Hari Pendidikan Nasional 2022 diperingati pada 13 Mei 2022. biasanya, Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) diperingati pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya.

Diperingati pada 2 Mei ini sebagaimana diatur dalam Keppres Nomor 316 Tahun 1959, bahwa 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Lantas mengapa pada tahun ini peringatan Hardiknas berubah?

Perubahan waktu peringatan Hardiknas ini lantaran pada 2 Mei 2022 bertepatan dengan hari Raya Idulfitri 1443 H, yang mana merupakan hari libur nasional.

Didalam pedoman peringatan Hari Pendidikan Nasional yang dikeluarkan oleh Kemendikbud Ristek, pelaksanaan upacara Hari Pendidikan Nasional dilaksanakan pada Jumat, 13 Mei 2022.

Hardiknas 2022 MKKS tingkat SMP se-kecamatan Kota Komba Utara memilih Tema “Pimpin Pemulihan Bergerak Untuk Merdeka Belajar”.

Dalam kegiatan tersebut berbagai perlombaan yang dipentaskan antara lain, paduan suara profil pelajar Pancasila, pidato bahasa Inggris dan cerita bertutur atau cerita pendek.

Baca Juga  Sang Pejuang Dhuafa, Seluruh Relawan KSJ Kami Titip Anak Anak Yatim Piatu di Indonesia Jaga dan Kasihi Mereka

Ketua MKKS Kota Komba Utara,sekaligus Ketua Panitia hardiknas 2022, Ubertus Dumar,S.Pd dalam sambutanya menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua semua sekolah yang ada di Kecamatan kota Komba Utara yang turut berpartisipasi dalam kegiatan hardiknas 2022.

“Kegiatan hardiknas 2022 yang kita laksanakan pada hari ini,merupakan atas kesepakatan bersama Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) tingkat SMP se-kecamatan Kota Komba Utara (KKU), dimana hasil kesepakatan antar Kepala Sekolah memutuskan bahwa tempat pelaksanaan kegiatan ini di Mukun, untuk itu saya berterimakasih kepada teman-teman panitia, para juri dan pendamping serta peserta yang yang ikut berpartisipasi sehinggah kegiatan ini dapat berjalan lancar dan aman,” ucap Uber Dumar yang juga selaku kepala SMPN Satap Pedak.

“Siapapun peserta yang mendapatkan juara satu dari perlombaan Paduan suara, Pidato dan cerita bertutur akan mewakili Sekolah menengah pertama (SMP) sekecamatan kota Komba Utara untuk mengikuti perlombaan di tingkat Kabupaten Manggarai Timur pada tanggal 20 Mei 2022 di Lehong, sekaligus upacara bendera bersama dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dan Hari Kebangkitan Nasional,” lanjut Ketua Panitia.

Baca Juga  Pelantikan Pengurus Manguni Rondor Indonesia, Donie Tutu Didaulat Sebagai Ketua Umum

Ketua Panitia juga memberikan pesan kepada peserta yang lolos ditingkat kecamatan, agar selalu mempertahankan prestasi ini sampai ditingkat Kabupaten

“Anak-anakku yang mendapatkan juara ditingkat kecamatan,kalian kekabupaten bukan membawa nama sekolah sendiri tetapi,kalian akan membawa nama MKKS tingkat SMP Sekecamatan Kota Komba Utara,”tutup Uber

Untuk diketahui dalam kegiatan hardiknas tingkat SMP se-kecamatan Kota Komba Utara, ada 11 sekolah yang mengikuti perlombaan ini, antara lain: SMPN 3 KK, SMPN 5 KK, SMPN 8 KK, SMPN Satap Munda, SMPN Satap Nonggu, SMPN Satap Watu Mingan, SMPN Satap Taga Laga Buru, SMPN Satap Mundung, SMPN Satap Pedak dan SMPK Pancasila Mukun sementara untuk SMPN Satap Galong tidak berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Dalam Kegiatan perlombaan Hardiknas Tingkat SMP Sekecamatan Kota Komba Utara, yang mendapatkan juara dalam lomba kegiatan ini :
Paduan suara profil Pancasila (Kelompok), Juara 1 SMPN 3 Kota Komba; Juara 2 SMPK Pancasila Mukun; Juara 3 SMPN Satap Pedak.

Pidato bahasa Inggris (Individu),
Juara 1 SMPN Satap Watu Mundung; Juara 2 SMPN 5 Kota Komba; Juara 3 SMP Satap Nongu.

Baca Juga  Polres Barito Utara Laksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Telabang 2021

Cerita bertutur atau Cerita pendek (Individu), Juara 1 SMPK Pancasila Mukun; Juara 2 SMPN 5 Kota Komba; Juara 3 SMPN Satap Watu Mundung

Salah satu peserta dari SMPN Satap Watu Mundung yang mendapatkan juara 1 dalam lomba pidato bahasa Inggris, Aurelia B.Agung mengungkapkan rasa bangga dengan prestasi yang dia peroleh dalam perlombaan ini.

“Saya merasa senang sekali dengan prestasi yang saya dapat hari ini,untuk teman-teman yang belum mendapatkan juara, tetap semangat dan jangan putus asa dan selalu sukses untuk kedepannya,” ungkap Aurelia

Pada kesempatan yang sama media ini mewawancarai salah satu peserta lomba cerita bertutur atau cerita pendek, Yuliana Wawa peserta dari SMPK Pancasila Mukun.

“Saya merasa bangga Pak,karena saya bisa membawakan cerita tentang “Kerajaan Tabu”, dan saya yang diutus dari tingkat kecamatan untuk mengikuti lomba tingkat kabupaten Manggarai timur,” jelas Yuliana Wawa yang meraih juara 1 lomba cerita bertutur. (Hubertus Basri)

JANGAN LUPA : SELALU MEMAKAI MASKER APABILA BERAKTIVITAS DILUAR RUMAH, SELALU MENJAGA JARAK, KERAP MENCUCI TANGAN, HINDARI KERUMUNAN, KURANGKAN MOBILITAS DAN BERDOA KEPADA TUHAN UNTUK CEGAH COVID-19

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *