MalukuNamleaNusantara

Kabau Buka Pameran Keliling dan Sosialisasi Musium Siwalima Ambon

Loading

TERASNKRI.COM | Maluku, Namlea – Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Buru, Dahlan Kabau, S.Pd, membuka secara resmi kegiatan pameran keliling dan sosialisasi yang di adakan oleh Museum Siwalima Ambon, Provinsi Maluku di Kabupaten Buru, Rabu (13/04/22).

Kegiatan yang bertujuan memperkenalkan koleksi museum Siwalima kepada masyarakat di Kabupaten Buru itu, mengangkat tema “Peristiwa dan Tokoh Maluku Untuk Indonesia” dan sub tema “Menghayati Masa Lampau Meningkatkan Kreatifitas Membangun Bangsa”.

Saat membuka Pameran Keliling Museum Siwalima, Kabau mengungkapkan bahwa kegiatan ini didanai oleh Dana Alokasi Khusus Non Fisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan Museum Tahun 2022, guna membantu peningkatan kualitas pengelolaan museum agar memenuhi standar pelayanan teknis museum, juga mendukung pelaksanaan pemajuan kebudayaan di daerah.

Baca Juga  Operasi Zebra Rinjani 2020, Personel Polres Sumbawa Gelar Bakti Sosial

Dikatakannya, museum sebagai lembaga yang bertugas mengumpulkan, merawat, dan menyajikan benda-benda sebagai bukti material manusia dan lingkungan untuk kepentingan edukasi. Oleh karena itu, nilai yang ada di museum harus dapat di komunikasikan ke masyarakat melalui berbagai kegiatan yang salah satunya adalah pameran.

Dengan pameran ini lanjut Dahlan, perjuangan sejarah bangsa diingatkan kembali bagaimana perjuangan saat merebut kemerdekaan.

“Dan Maluku mempunyai peran penting dalam proses kemerdekaan indonesia,” ingatnya.

“Saya mengucapkan terimakaih kepada museum siwalima yang telah mengadakan pameran keliling ini, agar pelajar di Maluku dan khususnya di Kabupaten Buru harus tahu sejarah daerahnya sendiri,”papar Kabau.

Baca Juga  Azis Tomia Resmi Pimpin Pengurus Daerah KKST Kabupaten Buru Periode 2023/2028

Sementara itu, Ketua Panitia, Welem Dekoko dalam laporannya menjelaskan bahwa, dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah UUD Pasal 32 Ayat 1, UUD Nomor 5 Tahun 2017, Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2015, BPAUPD Museum Siwalima Tahun Anggaran 2022.

Dirinya mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah memperkenalkan koleksi museum Siwalima kepada masyarakat di Kabupaten Buru, menjadi media saling tukar informasi dengan masyarakat Kabupaten Buru. Terkait koleksi yang ada pada museum siwalima yang berasal dari Pulau Buru, sebagai sarana edukasi bagi peserta didik dalam upaya semakin mencintai budaya dan sejarah daerah, sebagai bentuk koordinasi dan konsolidasi terkait pembentukan museum di Kabupaten Buru.

Baca Juga  Bahas Lahan Dalam Kawasan Hutan, Kapolsek Kampar Kiri Hilir Bertemu Tokoh Masyarakat

“Kami ucapkan terimaksih kepada semua pihak yang telah membantu hingga terlaksananya kegiatan ini,” ucap Wem.

Diketahui, kegiatan sosialisasi dan pameran museum siwalima tahun 2022 ini dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 12 sampai 13 april 2022 bertempat di Kecamatan Namlea Kabupaten Buru.

Sedangkan panitia pelaksanaan kegiatan ini adalah para Pegawai UPTD Museum Siwalima di bantu oleh pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Buru. (GP)

JANGAN LUPA : SELALU MEMAKAI MASKER APABILA BERAKTIVITAS DILUAR RUMAH, SELALU MENJAGA JARAK, KERAP MENCUCI TANGAN, HINDARI KERUMUNAN, KURANGKAN MOBILITAS DAN BERDOA KEPADA TUHAN UNTUK CEGAH COVID-19

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *