Covid-19NunukanPemkab Nunukan

Kabar Gembira, Selangkah Lagi Nunukan Menuju Level 1

Loading

TERASNKRI.COM | NUNUKAN, KALTARA – Penanganan covid – 19 di Kabupaten Nunukan terus menunjukkan peningkatan dan perbaikan secara signifikan. Jika trend positif itu bisa terus terjaga, maka selangkah lagi Kabupaten Nunukan akan berada di level – 1. Sampai saat ini, Kabupaten Nunukan masih berada di zona kuning dan level 2 PPKM.

Berita gembira tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Satgas Penanganan Covid – 19 Kabupaten Nunukan Aris Suyono dalam rapat Evaluasi Satgas Penanganan Covid – 19 di Kabupaten Nunukan yang dilaksanakan secara hybrid (online dan offline) di Kantor Bupati Nunukan, Rabu (1/12/2021).

Rapat dipimpin oleh Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid selaku ketua satgas covid – 19, diikuti secara langsung oleh Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah, Sekretaris Daerah Serfianus, Asisten Pemerintahan dan Kesra Muhammad Amin, Kepala Dinas Kesehatan dr. Tololiu, Kabag Prokompim Hasan Basri, serta diikuti secara virtual oleh Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), para camat, lurah dan kepala Puskesmas di Kabupaten Nunukan.

Baca Juga  Polsek Sebatik Timur Amankan Kosmetik Ilegal Tak Bertuan

Aris Suyono dalam paparannya menyebutkan bahwa angka kesembuhan hingga bulan November tahun ini mencapai 97,69 lebih tinggi dari capaian nasional sebesar 96,43, persentase pasien meninggal sebesar 2,20 di bawah angka kematian nasional sebesar 3,38 persen, dan angka penambahan kasus aktif hanya 0,11 persen dibawah kasus aktif nasional sebesar 0,19. Angka positif rate hanya 1 persen, sangat jauh dari standar yang dietatpkan WHO sebesar 5 persen.

Selain itu, kata Aris Suyono, capaian vaksinasi hingga minggu ke – 48 ini juga telah mencapai angka 64,49 persen untuk dosis I dan 49,19 untuk dosis 2. Angka ini merupakan koreksi atas data laporan yang masuk dimana angkanya baru mencapai 51,85 persen dosis I dan 34,94 untuk dosis 2 .

Baca Juga  Dua WNA Asal Filipina Ditembak Dalam Pengungkapan 2 Kg Sabu di Sebatik

Menurut Aris, ada kesalahan jumlah data sasaran vaksin selama ini, dari awalnya 182.886 menjadi 146.007, hal itu disebabkan oleh masih dimasukkanya anak – anak hingga usia 12 tahun sebagai target sasaran vaksin.

Mengingat masih ada sisa waktu kurang lebih 1 bulan, maka target vaksinasi 70 persen di akhir tahun 2021 rasanya tidak terlalu sulit untuk dicapai.
“Jika trend positif ini terus terjaga, maka selangkah lagi kita bisa mencapai level 1. Dengan catatan tidak ada varian baru yang masuk,” kata Aris.

Baca Juga  19 aset BMN Kemen PUPR Diserahkan Terimakan ke Pemkab Nunukan

Menanggapi paparan yang disampaikan Aris Suyono, Bupati Laura mengaku gembira dan bersyukur. Menurut Laura, capaian itu menunjukkan berbagai upaya yang sudah dilakukan oleh Satgas Penanganan Covid – 19 dan masyarakat selama ini telah berjalan dengan baik.

Kendati demikian, Laura berharap agar masyarakat tidak cepat merasa berpuas sehingga kehilangan kewaspadaan.

“Kita bersyukur atas capaian selama ini, tapi jangan cepat puas, harus tetap hati – hati dan jaga prokes, selain itu yang belum divaksin cepat – cepat ikut vaksin,” kata Laura. (TN/Prokompim Nnk)

JANGAN LUPA : SELALU MEMAKAI MASKER APABILA BERAKTIVITAS DILUAR RUMAH, SELALU MENJAGA JARAK, KERAP MENCUCI TANGAN, HINDARI KERUMUNAN, KURANGKAN MOBILITAS DAN BERDOA KEPADA TUHAN UNTUK CEGAH COVID-19

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *