NarkotikaNunukan

Empat Positif BZO Pada Tes Urine Pegawai Bandara Nunukan, Ini Sebabnya

Loading

TERASNKRI.COM | NUNUKAN, KALTARA – Pengimplementasian Kesepakatan Bersama antara Kementerian Perhubungan dengan Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) nomor : PJ 23 Tahun 2017 tentang P4GN (Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekusor Narkotika) terus dilakukan oleh berbagai istansi guna mewujudkan lingkungan kerja yang sehat dan terbebas dari penyalahgunaan Narkoba.

Bandar Udara Nunukan bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Nunukan menyelenggarakan kegiatan deteksi dini melalui tes urine kepada seluruh Pegawai baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Tenaga Kerja Kontrak (TKK). Kegiatan dilaksanakan pada hari Kamis (23/9/2021), bertempat di gedung Head Office Bandara dimulai sekira pukul 10.00 WITA.

Baca Juga  Bantu Warga yang Isolasi Mandiri, H. Andeng Bagikan Paket Sembako

Kepala Bandar Udara Nunukan Agus Priyatmono ST MM dalam sambutannya menyampaikan maksud dan tujuan utama dari kegiatan pagi ini. “ Tes Urine pagi ini bukan bertujuan mencari-cari kesalahan diantara kita, namun mari kita bersama wujudkan lingkungan kerja yang bersih dari penyalahgunaan narkoba “

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BNN Kabupaten Nunukan Kompol Sunarto dalam arahannya, menyampaikan apresiasi serta harapan kegiatan tes urine yang dilaksanakan Bandar Udara Nunukan.

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bapak Kepala bandara atas terselenggaranya kegiatan tes urine pagi ini. Harapan saya supaya Bapak Ibu menuliskan secara jujur di formulir apabila ada mengkonsumsi obat-obatan dalam seminggu terakhir dan darimana mendapatkannya, dikarenakan adanya kandungan narkotika pada beberapa golongan obat yang diresepkan oleh dokter”. ujar Kepala BNN Nunukan Kompol Sunarto

Baca Juga  Granat Tangan dan Amunisi Era Konfrontasi Kembali Ditemukan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarhanud 16/SBC

Setelah seluruh Pegawai mengisi formulir, dilanjutkan dengan registrasi dan secara bergantian masing-masing memasuki toilet yang ada di dalam gedung Head Office Bandara Nunukan. Pengawasan secara ketat sesuai SOP, diberlakukan dalam pengambilan sampel urine oleh petugas dari BNNK Nunukan.

Selama kurang lebih dua jam, seluruh pegawai telah menyetor sampel urine kepada petugas. Total didapatkan 73 sampel urine, seluruh sampel dilakukan uji menggunakan rapid test narkoba enam parameter. Dari hasil pengujian, 69 sampel urine dinyatakan negatif narkoba dan 4 sampel urine dinyatakan positif BZO (benzodiazepine) atau dalam mengkonsumsi obat-obatan. Setelah dilaksanakan assesment singkat kepada empat Pegawai yang dinyatakan positif tersebut, keempatnya dapat membuktikan bahwa sedang dalam kondisi pengobatan dan mengkonsumsi obat dari dokter.

Baca Juga  Bupati Laura Monitoring Bantuan Pemasangan Sambungan Rumah (SR) Air Minum Perkotaan Wilayah Sebatik

Ditemui seusai kegiatan, Kepala Bandar Udara Nunukan menanggapi hasil pemeriksaan urine tersebut. “ Secara keseluruhan hasilnya tidak membuat kecewa, walaupun kita melaksanakan tes urine ini secara mendadak dan tidak diketahui oleh satupun Pegawai. Selanjutnya akan kita agendakan tes urine secara rutin setiap tahunnya ” pungkas Kepala Bandara Nunukan Agus Priyatmono ST MM. (TN/ZA)

JANGAN LUPA : SELALU MEMAKAI MASKER APABILA BERAKTIVITAS DILUAR RUMAH, SELALU MENJAGA JARAK, KERAP MENCUCI TANGAN, HINDARI KERUMUNAN, KURANGKAN MOBILITAS DAN BERDOA KEPADA TUHAN UNTUK CEGAH COVID-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *