BudayaNusantaraSulawesi

27 Peserta Pemilihan Ana’ Dara Malebbi na Kallolo Magaretta Akan Unjuk Kemampuan Besok

Loading

TERASNKRI.COM | PAREPARE – Para peserta Pemilihan Ana’ Dara Malebbi Kallolo na Magaretta Tingkat Ajatappareng Tahun 2021, melaksanakan gladi untuk persiapan pemilihan besok, di Hilal Point, Jumat sore 2 Juli 2021.

Event tahunan ini digelar oleh Pare Pos dengan peserta berjumlah 27 orang, terdiri dari 11 peserta untuk kategori cilik usia 6-12 tahun, dan 16 peserta kategori remaja usia 13 tahun ke atas, dari wilayah Ajatappareng. Dengan menampilkan budaya yang ada di Ajatappareng.

Ketua Panitia, Andi Mulyadi mengatakan, tujuan diadakannya event ini tidak lain untuk memperkenalkan budaya Sulawesi Selatan, khususnya Ajatappareng seperti baju bodo, jas tutup, songkok Bone dan sebagainya.

Baca Juga  Mobil Dinas BRI Kediri Diparkir di Badan Jalan Pemicu Kemacetan dan Laka Lantas

“Karena selama ini nilai-nilai budaya itu perlahan sirna makanya, kita mencoba mengangkat kembali nilai itu melalui kegiatan ini,” ujar PLT Ketua PWI Parepare Barru ini

Hasil dari pemilihan ini, kata Mulyadi yang juga ketua ASEMI Parepare nantinya mengikuti pemilihan di tingkat Provinsi.

“Kita akan mencari 12 pemenang, baik dari juara 1 sampai juara kategori, dan diikutkan ke tingkat Provinsi Sulawesi Selatan pada tanggal 10 Juli mendatang di Hotel Horizon, Makassar,” ujar Andi Muliadi

Selain itu, ia memaparkan, besok pemilihan Ana’ Dara Malebbi na Kallolo Magaretta akan dimulai, dan langsung diumumkan hasilnya.

Baca Juga  Minsel Terima Anugerah Apresiasi KLA Kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI

“Hari ini baru gladinya. Besok lombanya dinulai. Sekaligus, dirangkaikan dengan pelantikan Pengurus Asosiasi Seni Mode Indonesia (Asemi).

Salah satu peserta kategori cilik, Silsa Mardiah asal Kabupaten Pinrang mengatakan, minatnya dalam mengikuti pemilihan ini, karena berkaitan dengan nilai budaya.

“Makanya saya tertarik. Semoga bisa membanggakan orang tua dan juga budaya di ajatappareng,” kata Silsa, anak pasangan dari Pasral dan Rahmawati.

Peserta lainnya, yang masuk kategori remaja, Mush’ad fadel mengaku termotivasi mengukuti ajang ini, karena ia tertarik dengan suatu ajang yang menampilkan budaya-budaya, khususnya Sulsel.

“Saya mendapat info kegiatan dari media online, instagram, dan koran Pare Pos. Juga dari Guru saya di SMK Negeri 1 Pinrang, Mister Jamaluddin,” katanya.

Baca Juga  DR Henny Ikhwan M.Pd Serahkan Bantuan Ke Nelayan Usai Tanda Tangan MoU KSJ dengan MIO dan HNSI

Sementara, guru pendamping Mister Jamaluddin (MJ) mengatakan, tujuannya mengusul perwakilan, agar peserta bisa tahu tentang budaya yang ada di Ajatappareng. Sekaligus kata MJ, nantinya bisa memperkenalkan budaya yang dimiliki di luar Sulawesi.

“Saya bangga dengan adanya event seperti ini. Terima kasih Pare Pos, juga panitia pelaksana. Saya harap semoga tiap tahun diadakan event seperti ini, agar anak jaman sekarang tahu dan mengenal budaya kita,” harapnya.(TN/AM)

JANGAN LUPA : SELALU MEMAKAI MASKER APABILA BERAKTIVITAS DILUAR RUMAH, SELALU MENJAGA JARAK, KERAP MENCUCI TANGAN DAN BERDOA KEPADA TUHAN UNTUK CEGAH COVID-19

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *