BolmutNusantara

Melalui Program GENRE, Bupati : Ajarkan Remaja Menjauhi Pernikahan Dini, Seks Pra Nikah dan Napza

Loading

TERASNKRI.COM | BOLMUT, SULUT – Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Depri Pontoh secara resmi menutup kegiatan Pelatihan Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya dirangkaikan dengan Apresiasi Pemilihan Duta Genre tahun 2021 di Kabupaten Bolmut, bertempat Di RM Laviesta Kuala Utara, Rabu (16/6/2021).

Bupati Bolmut dalam sambutannya menyampaikan, Pembinaan Remaja memiliki peran strategis, yaitu pertama, karena remaja merupakan individu calon penduduk usia produktif, yang pada saatnya kelak akan menjadi pelaku pembangunan, sehingga harus disiapkan agar menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Kedua, Remaja merupakan individu calon orang tua bagi anak yang memiliki perencanaan dan kesiapan berkeluarga, sehingga terhindar dari perkawinan anak yang nantinya akan melahirkan anak stunting.

Baca Juga  Terkait Peniadaan Mudik, Bupati Bolmut Terima Kunker Gubernur Sulut dan Gorontalo

Kesiapan keluarga merupakan kunci terbangunnya ketahanan keluarga dan keluarga berkualitas, dengan demikian apabila gagal membina remaja bukan hanya menjadi ancaman kegagalan pembangunan, tetapi ancaman kegagalan generasi berikutnya, dimana dilihat dari data angka pernikahan anak di kabupaten bolmut tahun 2019 terdapat 44 kasus dan tahun 2020 naik menjadi 173 kasus sehingga pembinaan remaja menjadi prioritas utama dalam pencegahan stunting. ungkap Bupati.

Program Genre (Generasi Berencana) adalah jawaban ancaman kegagalan generasi berikutnya. Program Genre bertujuan untuk menyiapkan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang Pendewasaan Usia Pernikahan sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduktif.

Baca Juga  Kuasa Hukum Robot Nurlatu Ajukan Permohonan Keberatan Kekantor Pertanahan BPN/ATR Namlea

Selain itu, Genre adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa, karena mengajarkan remaja untuk menjauhi Pernikahan Dini, Seks Pra Nikah dan Napza, guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan guna mencegah lahirnya anak stunting. jelas Bupati.

Selanjutnya, Bupati Bolmut mengatakan bahwa untuk mencapai tujuan diatas, maka dibentuk pengurus Forum Generasi Berencana dan Pemilihan Duta Genre tingkat kabupaten bolmut, yang merupakan pertama kalinya dibentuk dengan harapan program kepada remaja di kabupaten bolmut atas keterpilihan duta genre akan menjadikan genre sebagai ICON Remaja yang berencana sebagai Role Model bagi remaja dikabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Bupati menambahkan, bahwa dengan jumlah 36 kelompok pusat informasi konseling remaja yang terbesar di enam kecamatan, diharapkan dapat menjadi wadah berkumpul, berbagi cerita, berkreaktivitas dan saling tukar informasi.
“Saya berharap kelompok ini dapat diaktifkan, dikembangkan dan dimanfaatkan oleh pengurus forum genre, agar terjalin hubungan komunikasi yang efektif, kooperatif dan mampu membantu remaja lain yang dalam permasalahan” kunci Bupati.

Baca Juga  Kembali Jadi Sorotan, Dana BTT Dinkes Batubara Sebesar 5.1 Milyar Jadi Pertanyaan?

Turut hadir, Asisten Adiministrasi Umum Sekda Bolmut, Uteng Datunsolang, S,Pd, M,Si, Staf Khusus Bupati Bolmut, Drs. Eddy Pontoh, Pimiman OPD terkait, Para Camat, Serta Peserta Program Genre. (RM)

JANGAN LUPA : SELALU MEMAKAI MASKER APABILA BERAKTIVITAS DILUAR RUMAH, SELALU MENJAGA JARAK, KERAP MENCUCI TANGAN DAN BERDOA KEPADA TUHAN UNTUK CEGAH COVID-19

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *