BolmutNusantara

Kunker BKKBN RI, Hasto Wardoyo : Bolmut Luar Biasa

Loading

Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven O. E. Kandouw

TERASNKRI.COM | BOLMUT, SULUT – Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Amin Lasena M.AP menerima Kunjungan Kerja Kepala BKKBN RI Dr. (HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K), bersama Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven O. E. Kandouw, Dalam Rangka Akselerasi Penanganan Stunting Sekaligus Launching Pelayanan KB MKJP Implan 1 Batang Menggunakan Dana BOKB, Peresmian Rumah Dataku dan Evaluasi Pelaksanaan Pendataan Keluarga Tahun 2021 di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Selasa (25/5/2021).

Kegiatan yang berlangsung di lapangan kembar boroko tersebut turut dihadiri oleh Deputi Bidang keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN RI Dr. Eni Gustina, MPH beserta rombongan, Sekretaris Daerah Bolmut Dr. Drs Hi. Asripan Nani M.Si, Para Asisten Sekda Bolmut, Sekretaris TP PKK Provinsi sulawesi utara dr. Devi Kartika Kandouw Tanos, Ketua TP PKK Bolmut Dra. Hj. Ainun Pontoh Talibo, Wakil Ketua TP PKK Bolmut, Dra. Hj. Siti Safwania Djenaan, Ketua DWP Bolmut Hj. Fitriana Nani Buhang SE, Ketua DWP Provinsi Sulawesi Utara Dra. Ivone Silangen Lombok, Kepala BKKBN Perwakilan Sulawesi Utara, Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Gorontalo, Ikatan Dokter Indonesia, segenap Pimpinan dan Anggota DPRD Bolmut, Forkopimda Bolmut, Persatuan Perawat Nasional Indonesia cabang Bolmut, Kepala fasilitas pelayanan KB puskesmas se kabupaten Bolmut, kader pendata, supervisior dan manager data serta manager pengolahan data, forum Gender Sulawesi Utara dan Bolmong Utara, Kepala Dinas PPKBPPA se-Provinsi Sulawesi Utara, para staf khusus Bupati Bolmut, kepala OPD kabupaten Bolmut serta seluruh kader dan penyuluh KB se kabupaten Bolmut.

Baca Juga  Akan Disaksikan Oleh Yusuf Kalla, KSJ dan PMI Sumut Lakukan Pra MoU

Diawal sambutannya Wabup Amin Lasena menyampaikan, Sebuah kehormatan bagi kami atas kedatangan Kepala BKKBN RI, Bapak Dr. (HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K), dikabupaten ini, untuk itu kami ucapkan terima kasih dan selamat datang di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, tutur Wakil Bupati.

Wabup Amin Lasena mengatakan bahwa Pemerintah Daerah telah melaksanakan Pendataan Keluarga secara serentak yang dimulai dari tanggal 1 April 2021 sampai dengan tanggal 31 mei 2021 di Kabupaten Bolmut untuk mendapatkan data keluarga yang akurat, valid, dan relevan. Target Pendataan Keluarga di kabupaten Bolmut yaitu 24.270 keluarga dan yang sudah terdata sampai dengan tanggal 22 mei 2021 yaitu 71,49 % atau sejumlah 17.352 kepala keluarga, namun yang terinput secara online yaitu 26,17 % karena terkendala dengan jaringan internet, namun akan tetap dimaksimalkan. Pendataan keluarga melibatkan 360 kader pendata, 107 supervisior, serta 6 orang manager pengolahan data, terang Wabup.

Lebih lanjut Wabup mengatakan Kabupaten Bolmut telah melaksanakan penanganan Stunting secara terpadu, sehingga reins Stunting di Kabupaten Bolmut mengalami penurunan yang sangat signifikan. Tahun 2016 ada pada angka 43,8 %, tahun 2017 pada angka 36,8 %, tahun 2018 22,4 % dengan 10 Lokus desa Stunting, tahun 2019 menjadi 15,2 % dengan 12 Lokus desa Stunting, tahun 2020 menurun tajam sampai dengan 9,7 % dengan 16 Lokus desa Stunting di Bolmong utara, jelas Wabup.

Baca Juga  Kapolres Batu Bara bersama Komunitas Sedekah Jumat Menghadiri Kegiatan Peresmian Wisata Sawah Raja

Kabupaten Bolaang Mongondow Utara melalui Dinas PPKBPPA meraih beberapa prestasi diantaranya, penghargaan inovasi cegah putus pakai alat kontrasepsi terbaik 1 sulawesi utara tahun 2020 dan terbaik 3 nasional tahun 2020, Penghargaan Nasional pelaksanaan aksi Konvergensi Penanganan Stunting tingkat provinsi sulawesi utara dari empat kategori terbaik yang dinilai yaitu yang ​pertama sebagai Kabupaten Terbaik dengan aksi 5 s/d 8 Konvergensi Penanganan Stunting Se-Sulawesi Utara tahun 2019, kedua, Kabupaten Terbaik dengan Aksi 1 s/d 4 Konvergensi Penanganan Stunting Se-Sulawesi Utara tahun 2020, ketiga, Kabupaten Terbaik Inovatif, Inspiratif dan Replikatif dalam program Penanganan Stunting Se-Sulawesi Utara Tahun 2020, dan keempat yaitu sebagai Kabupaten Terbaik dengan Pameran/Stand Se- Sulawesi Utara tahun 2020.

Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Amin Lasena M. AP

Melalui kesempatan tersebut, Wabup Amin Lasena menyampaikan permintaan kepada pemerintah pusat melalui kepala BKKBN RI, diantaranya agar tenaga PTT PLKB dapat diangkat sebagai tenaga kontrak daerah (PPPK) atau ASN, Balai Penyuluhan dapat dijadikan tribun terbuka sehingga lebih luas untuk dijadikan wadah pelaksanaan penyuluhan ditingkat kecamatan melalui anggaran BOKB, BKKBN RI dapat memberikan Bantuan Langsung kepada keluarga Stunting, dan terakhir diharapkan BKKBN RI dapat menambah dan mensupport penanganan Stunting di kabupaten Bolmut melalui Dana Alokasi Khusus, Pinta Wabup.

Baca Juga  Peduli Uluran Tangan Relawan dan Donatur, Operasi Tumor Stadium Akhir Diki Hamdani

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven O. E. Kandouw, dalam sambutannya mengatakan bahwa Kabupaten Bolaang Mongondow Utara menjadi Kabupaten yang menunjukkan prestasi terbaik dalam upaya penanganan Stunting di Sulawesi Utara. Namun kedepan kita masih harus bekerja keras, berkolaborasi, tetap konsisten dalam pelaksanaan program penanganan Stunting di daerah, termasuk pelaksanaan program KB dengan segala dimensinya, yang menjadi aspek penting dalam pencegahan Stunting. ujar Steven.

Kepala BKKBN RI Dr. (HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) mengucapkan terimakasih atas penerimaan dan sambutan yang sangat luar biasa di kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Kami mengapresiasi penanganan Stunting di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, banyak sekali Prestasi terkait masalah kesehatan, Stunting dan kontrasepsi. Ini sangat luar biasa, banyak sekali ide ide inovatif yang ada di Kabupaten Bolmut ini yang sudah mendapatkan kejuaraan yang bisa kami contoh untuk kita kembangkan ditingkat nasional nanti. bangunan perkantorannya pun keren, puji Hasto.

Pada kesempatan tersebut, Kepala BKKBN RI Meresmikan Rumah Data Kependudukan (Rumah Dataku) di kampung KB desa Gihang kecamatan kaidipang dan desa Saleo kecamatan bolangitang timur, dilanjutkan dengan Launching Pelayanan KB MKJP implan 1 batang di puskesmas Boroko. (RM)

JANGAN LUPA : SELALU MEMAKAI MASKER APABILA BERAKTIVITAS DILUAR RUMAH, SELALU MENJAGA JARAK, KERAP MENCUCI TANGAN DAN BERDOA KEPADA TUHAN UNTUK CEGAH COVID-19

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *