BolmutNusantara

Wabup Amin Lasena Buka Pameran Arkeologi Tahun 2021

Loading

TERASNKRI.COM | BOLMUT, SULUT – Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Amin Lasena MAP membuka secara resmi kegiatan Pameran Arkeologi, yang dilaksanakan di aula kantor camat Kaidipang, jumat (19/3/2021).

Wabup Amin Lasena dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Balai Arkeologi Provinsi Sulawesi Utara, dan rasa terima kasih kepada segenap panitia Pameran Arkeologi khususnya kepada kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Bolmut atas terselenggaranya kegiatan ini.

Kegiatan Arkeologi di indonesia telah di lakukan sejak abad XVIII (Delapanbelas), yaitu sejak kedatangan bangsa eropa ke indonesia dan terus berkembang sampai sekarang ini.

“Kegiatan penelitian arkeologi di wilayah provinsi sulawesi utara, sulawesi tengah dan gorontalo memiliki potensi arkelogi yang cukup besar, Fosil binatang purba ditemukan di provinsi sulawesi utara dan sulawesi tengah, demikian juga peninggalan budaya austronesia ditemukan di tiga wilayah tersebut” ujar Wabup.

Baca Juga  Polres Sergai Rakor Protokol Kesehatan, AKBP Robin Simatupang : ASN, TNI-Polri Harus Menjadi Contoh Masyarakat

Tradisi megaletik merupakan peninggalan yang banyak ditemukan, Peninggalan budaya dari masa kolonial banyak ditemukan di sulawesi utara, gorontalo dan beberapa di sulawesi tengah, demikian juga peninggalan yang bercorak islam banyak terdapat di gorontalo, sulawesi tengah dan sulawesi utara.

Wabup mengatakan bahwa, Badan Arkeologi sulawesi utara memiliki wilayah kerja di sulawesi utara, sulawesi tengah dan gorontalo. Perlu kita pahami bersama kegiatan ini merupakan agenda pengenalan hasil penelitan arkeologi dan perabadan arkeologi di tiga provinsi, kepada masyarakat Bolmut terutama kalangan para pelajar, dan stake holder yang berkaitan dengan sejarah dan purbakala yang bertujuaan memberikan edukasi kultural khususnya nilai nilai sejarah masa lalu yang ada di sulawesi utara, sulawesi tengah dan gorontalo memberikan informasi dalam pelestarian dan pengembagan nilai sejarah dan budaya.

Baca Juga  Konsolidasi Partai Perindo Kabupaten Minsel Dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Minsel

“Merupakan tantangan besar dan membutuhkan dukungan dari semua pihak, yang salah satu bentuk dukungan adalah peningkatan rasa peduli masyarakat untuk pentingnya menjaga cagar budaya dan nilai sejarah yang ada di sulawesi utara, melestarikan peninggalan warisan budaya yang ada dari dulu sampai saat ini” tutur Wabup.

Mengakhiri sambutannya Wakil Bupati menyampaikan, Pameran ini semacam memperkenalkan ke publik tentang hasil penelitian Arkeologi dan Peradaban yang ada di provinsi sulawesi utara, sulawesi tengah dan gorontalo. Banyak masyarakat yang belum memahami peran pentingnya cagar budaya sebagai konteks pembangunan sosial budaya dan dalam pameran cagar budaya itu merupakan bentuk awal modal pembangunan sosial budaya kepada masyarakat. Pameran ini adalah mengenalkan potensi potensi yang bisa digerakkan sebagai salah satu modal pembangunan sosial budaya. Pelajar sebagai generasi penerus bangsa yang diharapkan kedepan sebagai roh dari berkembangnya budaya itu menjadi modal sosial pembangunan budaya yang ada di kabupaten Bolmong Utara.

Baca Juga  Cegah Penyebaran Covid-19, Polres Sergai Sosialiasikan PPKM Skala Mikro Kepada Pengunjung Pasar Perbaungan

Turut Hadir, Wakil Ketua I TP PKK Bolmut Dra. Hj. Siti Safwania Lasena Djenaan, Kepala Balai Arkeologi Sulut, Wuri Handoko, M.Si, atau yang mewakili, beserta jajarannya, Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Bolmong Utara, Sulha Mokodompis S.Pd, M,Si, Sekcam Kaidipang, para Sejarawan dan para Pelajar.

(RM)

JANGAN LUPA : SELALU MEMAKAI MASKER APABILA BERAKTIVITAS DILUAR RUMAH, SELALU MENJAGA JARAK, KERAP MENCUCI TANGAN DAN BERDOA KEPADA TUHAN UNTUK CEGAH COVID-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *