Kodim 0911/NnkNunukanTNI-POLRI

Kodim 0911/Nunukan dan NTC Gelar Trabas di JIPP Indonesia-Malaysia, Peringati Hari Kemerdekaan RI ke-75

Loading

Dandim 0911/Nunukan Letkol Czi Eko Pur Indriyanto serahkan bingkisan baksos

TERASNKRI.COM | Kaltara, Nunukan – Sambut Hari Kemerdekaan RI ke 75 Tahun, Kodim 0911/Nunukan bersama dengan komunitas Nunukan Trail Community menggelar kegiatan Trabas di garis JIPP (Jalur Inspeksi dan Patroli Perbatasan) Indonesia – Malaysia, Kecamatan Sei Manggaris Kabupaten Nunukan, Sabtu (15/8)

Tepatnya berlokasi di Dermaga Sei Ular Kecamatan Sei Manggaris yang menjadi titik awal dilaksanakannya kegiatan trabas. Berangkat dengan menggunakan kapal muatan regular dengan jarak tempuh kurang lebih 30 menit menuju Dermaga Sei Ular dari Pulau Nunukan.

Kegiatan trabas kali ini tentu memiliki tantangan tersendiri, dimulai dari medan yang cukup terjal dan lereng perbukitan sepanjang 75 Km Kecamatan Sei Manggaris Perbatasan RI – Malaysia. Nantinya konvoi trabas akan melewati sebanyak 3 patok perbatasan Negara dengan memakan waktu kurang lebih 5 jam.

Baca Juga  Kasat Res Narkoba Polres Batu Bara, Sampaikan Adaptasi Kebiasaan Baru dan Berikan Masker Gratis di Desa Sumber Padi

Kodim 0911/Nunukan bersama NTC turut menggelorakan semangat kemerdekaan di sepanjang perjalanan tapal batas kecamatan Seimanggaris, dengan memasang bendera merah putih dimotor sebagai tanda patriotisme warga perbatasan terus membara dan tidak pernah luntur dihadapkan dengan berbagai rintangan.

“Selain trabas, pada momen spesial kali ini kami juga sekaligus melakukan patroli dari patok ke patok perbatasan Indonesia Malaysia. Sambil mengenalkan juga kepada rekan NTC lainnya bahwa inilah patok yang harus bersama-sama kita jaga dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI di tapal batas negeri”.

Baca Juga  Syarat Perpanjangan Kotrak Kerja, 100 Tenaga Honorer Satpol-PP Nunukan Tes Narkoba

Nunukan Trail Community ini terdiri dari unsur TNI-POLRI, instansi vertikal dan kumpulan para pemuda pecinta motor trail. Kegiatan ini juga diikuti langsung oleh Dandim 0911/Nunukan Letkol Czi Eko Pur Indriyanto, Dansatgas Pamtas RI – Malaysia yonif 623/Bhakti Wira Utama Letkol Inf Yordania, Waka Polres Nunukan AKBP Imam Muhadi, Kasdim 0911/Nunukan Mayor Inf Biringallo, S. Sos.

Momen Indah lainnya terlihat dari raut wajah bahagia warga Desa Sekaduyan Taka. Hal tersebut dikarenakan Kodim 0911/Nunukan dan NTC melakukan aksi peduli sesama dengan menggelar acara sederhana Bakti sosial dengan penyerahan tali asih serta secara langsung mensosialisasikan tentang Protokol Kesehatan dalam rangka cegah penyebaran Covid-19 kepada warga Desa.

Baca Juga  Bupati Laura Sholat Ied di Islamic Center dengan Penerapan Protokol Kesehatan

Perjalanan Trabas Kodim 0911/Nunukan dan NTC tersebut terobati setelah sampai di wisata air terjun “Bangen Tawai” Sekaduyan Taka Seimanggaris. Air terjun di tengah hutan ini merupakan pemandangan alami yang mampu mengobati rasa lelah.

Kegiatan trabas ini berakhir di Pos Gabma Sei Manggaris, “Dengan adanya kegiatan ini menunjukkan bahwa nasionalisme warga perbatasan itu tidak pernah terbatas walau ditengah suasana Pandemi Covid-19 warga perbatasan tetap semangat dalam menjalani kegiatan.”

TN/Pendim 0911/Nunukan

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *