1

Rapat Paripurna Penandatanganan Nota Kesepakatan KUA-PPAS Perubahan APBD Kabupaten Bolmut TA 2021

TERASNKRI.COM | Bolmut, Sulut – Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh Menghadiri Rapat Paripurna dalam rangka Penandatanganan Nota Kesepakatan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Serta Prioritas Dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan APBD Kabupaten Bolmut Tahun Anggaran 2021, bertempat diruang Sidang DPRD Bolmut. Kamis 16/9/2021.

Bupati Bolmut dalam sambutannya menyampaikan bahwa sesuai amanat undang undang, hari ini Saya telah mendatangani KUA-PPAS perubahan APBD tahun anggaran 2021, oleh karena itu, patutlah saya memulainya dengan menyampaikan apresiasi kepada pimpinan dan anggota DPRD sebagai mitra kerja pemerintah yang konstrutif.

“Tentu tidak bisa dihindari bahwa dalam melaksanakan kerja sama ini situasinya sering amat dinamis, disertai dengan perbedaan yang tajam diantara kita, namun Saya melihat semua ini menunjukkan bahwa proses demokrasi dan check and balance, berjalan di daerah ini” ujar Bupati.

Lebih lanjut, Apresiasi saya kepada segenap pimpinan dan anggota DPRD untuk kerja sama atas pembahasan yang dilakukan dalam pembicaraan pendahuluan APBD perubahan tahun 2021 ini. Berdasarkan saran, pendapat, dan pertimbangan teman teman DPRD yang secara garis besar penyusunan APBD perubahan tahun anggaran 2021 dilakukan dengan memperhatikan :

Asumsi pendapatan dalam kebijakan umum anggaran pada APBD tahun 2021 dimana sudah tidak sesuai lagi dengan kondisi saat ini, karena adanya penyesuaian kebijakan transfer dari pusat, seperti pengurangan DAU, DAK FISIK serta refocusing dana transfer umum (DTU) sebesar 8% untuk penanganan covid 19 dan dukungan pelaksanaan vaksinasi.

“Sehingga harus melakukan rasionalisasi terhadap target pendapatan asli daerah (PAD) karena terdapat beberapa pos pendapatan yang tidak akan mencapai target sampai pada akhir tahun 2021” terang Bupati

Asumsi silpa tahun sebelumnya yang digunakan dalam tahun anggaran berjalan terkoreksi melebihi dari hasil audit BPK RI atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2021.

“Setelah dilakukan penyesuaian berdasarkan kedua asumsi tersebut, maka kondisi penerimaan pendapatan dan belanja yang tertuang dalam KUA dan PPAS perubahan APBD tahun anggaran 2021 mengalami kondisi keuangan yang berimbang, namun masih perlu dilakukan pendalaman agar setiap program kegiatan yang dilaksanakan betul betul berdampak dan tentunya tidak semua usulan program kegiatan itu dapat kita akomodir pada tahun ini. Kita juga harus memahami bahwa, kemampuan keuangan kita masih sangatlah terbatas, sehingga di butuhkan kematangan dalam menentukan porsi pelaksanaan belanja secara umum ” jelas Bupati.

“Untuk itu saya mengajak semua elemen baik eksekutif maupun legislatif agar menyikapi kondisi saat ini dengan bijaksana, karena fiskal daerah kita masih sangat tergantung pada transfer pemerintah pusat” ungkapnya

“Saya memahami semua kondisi ini, karena kita diperhadapkan pada pencapaian target pembagunan daerah, namun disisi lain kita juga mengalami banyak keterbatasan dalam aspek pendanaan. Mari mengeratkan sinergitas antara kita, karena kondisi saat ini hanya mampu kita lewati dengan sinergitas yang baik” kunci Bupati.

Turut Hadir Ketua DPRD Bolmut Frangky Chendra, Pimpina DPRD, Beserta Anggota DPRD, Sekertaris Daerah Bolmut DR. Drs. Hi. Asripan Nani M.Si, Para Asisten Sekda, Para Staf ahli, dan Staf Khusus Bupati Bolmut, Pimpinan OPD, Serta Para Camat. (RM)

JANGAN LUPA : SELALU MEMAKAI MASKER APABILA BERAKTIVITAS DILUAR RUMAH, SELALU MENJAGA JARAK, KERAP MENCUCI TANGAN, HINDARI KERUMUNAN, KURANGKAN MOBILITAS DAN BERDOA KEPADA TUHAN UNTUK CEGAH COVID-19